Rabu, 19 November 2014

OPENING SCENE pada FILM


OPENING SCENE

Hampir semua orang pasti pernah menonton sebuah ‘film’. Film memyuguhkan sebuah hiburan yang menarik, melalui visual (tampilan gambar) dan audio (suara)nya. Sebelum sebuah cerita dalam film dimulai, kita pastinya pernah melihat sebuah video atau gambar pembuka. Video atau gambar dengan durasi pendek ini menggambarkan sedikit mengenai film yang akan kita tonton nantinya. Video atau gambar pembuka inilah yang dinamakan sebagai Opening Scene.


Opening pada film “Casino Royale
Sumber : http://adithiarangga.wordpress.com/2010/02/15/the-best-movie-opening-part-1/

Hampir semua film yang ada pasti terdapat opening scene didalamnya. Opening Scene juga terkadang dikenal dengan sebutan Opening Credit dan Opening Title Sequence of a Film. Apa sebenarnya yang dimaksud Opening Scene itu? Berikut penjelasannya :
a)  Dalam Kamus Bahasa Inggris dan situs di Artikata.com
- Opening   : Pembukaan / awal / terbuka
- Scene       :  Adegan / suasana

b)  Sedangkan dalam situs Broadcasting Kamus
Opening Scene adalah adegan yang dirancang khusus untuk membuka acara atau cerita. Biasanya adegan ini dikemas kreatif dan menarik untuk mendpatkan perhatian penonton.

c)  Fungsi dari Opening Scene
Opening Credits are a functional as well as creative part of movies. Telling the audience who is in the movie, as well as other known talent such as writers, directors and composers, sets the stage for what’s to come.” (NewEnglandFilm.com)

Artinya, Opening credit / Opening scene berfungsi sebagai bagian kreatif pada film. Menceritakan kepada penonton ‘siapa’ yang berada dalan film tersebut, sebagai pihak yang terkait dalam film seperti penulis, sutradara, dan komposer, penataan panggung/lokasi untuk apa yang akan muncul. 
“The Opening Title Sequence of a film is that film's opportunity to make a good first impression on you, the viewer. A well-crafted title sequence introduces the audience to the tone and theme of the film as well as the cast and crew.” (SmashingMagazine.com)
 
Artinya, Opening Title Sequence pada film adalah kesempatan film untuk membuat kesan pertama yang baik pada Anda , sebagai seorang penonton. Opening Title Sequence yang diciptakan memperkenalkan kepada penonton suasana dan tema film serta pemain dan kru.

Opening pada film “se7en”
Sumber : http://adithiarangga.wordpress.com/2010/02/15/the-best-movie-opening-part-1/

Opening pada film “se7en” yang terkesan aneh, unik, misterius, dan mengerikan. Tetapi mampu menarik perhatian penonton.

d)  Tampilan Opening Scene
Isi dan tampilan dari Opening Scene sendiri sampai sekarang ini terus mengalam perubahan. Seperti pada film di tahun 19-an, hanya terdiri dari 2/lebih gambar sebagai latar yang kemudian diisi dengan informasi kru dan pemain dalam film. 

Opening pada salah satu film di tahun 1930
Sumber : NewEnglandFilm.com


Namun sekarang ini Opening Scene makin berkembang seiring teknologi dan software pendukung yang memadai. Beberapa Opening Scene dibuat dengan bantuan software editing umum yang sering kita jumpai. Seperti Adobe Premiere, Adobe After Effect, 3D Max, dll.
Penempatan dari Opening Scene sendiri mulai berubah, beberapa film sudah mulai banyak yang menempatkan Opening Scene di bagian akhir film, dan menjadi bagian dari Credit Title. Beberapa Opening Scene yang menarik dapat kalian temui pada situs SmashingMagazine.com dalam artikelnya yang berjudul “30 Unforgettable Movies Opening Sequence”, dari beberapa opening film tersebut bisa memberikan inspirasi untuk kalian dalam membuat opening pada film kalian sendiri.



^_^    THANK YOU   ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar