Sabtu, 18 Februari 2012

PIDATO MEMERANGI KEMALASAN

Berikut contoh pidato yang pernah aku buat waktu SMK, dalam rangka ujian praktek. Ini adalah pidato pertama yang aku buat. Walau tampak berbeda dari pidato pada umunya, tetapi menurut ku pidato dalam bentuk motivasi lebih baik dan enak di dengar daripada pidato pada umumnya. Inilah pidatoku waktu itu :
                                           PIDATO
Tema  : Motivasi Pelajar
Judul  : Kemalasan pada Anak Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Kepala (sekolahku)
Yang saya hormati Bapak Ibu guru beserta semua staf (sekolahku)
Juga teman-temanku semua yang aku sayangi

Pertama-tama di hari yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayatnya, kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Teman-teman ku semua, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sifat dan penyakit yang hampir dari kita semua pernah alami, yaitu MALAS.

Malas merupakan sifat suka manunda-nunda pekerjaan. apalagi untuk anak sekolah, sifat malas salalu datang saat kita diberi tugas yang menumpuk. Kita selalu beralasan akan mengerjakan secepatnya, tapi pada kenyataannya kita selalu mengerjakan tepat pada hari H-nya.Kebiasaan seperti ini sudah melekat pada hampir semua anak sekolah.

Kebiasaan malas ini timbul karena kita cenderung menganggap enteng tugas sekolah. Sehingga tugas menjadi menumpuk, dan itu mengakibatkan kita menjadi stress. Stress ini yang kemudian menjadikan kita kurang berkembang dalam beberapa aspek, entah itu sosial maupun pikiran. Padahal tujuan kita bersekolah adalah untuk berkembang.

Ada beberapa cara dalam mengatasi kemalasan ini, salah satunya adalah:
- Memotivasi Diri, yang kita butuhkan hanyalah motivasi untuk terus maju. motivasi yang paling kuat berasal dari diri sendiri. Kita harus menanamkan pikiran bahwa apa yang kita lakukan saat ini pasti esoknya akan membuat kita lebih baik.
- Pikirkan masa depan, maksudnya adalh kita harus memikirkan apa yang akan terjadi seandainya kita tidak mengerjakan tugas dengan cepat. Pikirkan kemungkinan yang terburuk, karena dengan begitu kita akan menjadi was-was dan segera mengerjakannya.

Dari sinilah kita menjadi tahu bahwa kemalasan sebenarnya sangat berbahay bagi kita anak sekolah. Semoga dengan pidato ini, kita semua dapat memerangi kemalasan dan membangkitkan sifat rajin dalam diri kita.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Bila ada kata yang kurang berkenan, saya mpohon maaf sebesar-besarnya. Dan akhir kata,

Billahi taufik wal hidayah
Wassalamu'aliakum Wr. Wb.

2 komentar: